Jelaskan Hikmah puasa senin kamis

Jelaskan

Hikmah puasa senin kamis

Jawaban:

Puasa Senin Kamis memiliki banyak hikmah dan keutamaan, di antaranya adalah:

1. Hikmah Spiritual: Puasa Senin Kamis merupakan bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Melalui puasa, kita dapat meningkatkan ketakwaan dan ketaatan kita kepada Allah.

2. Keutamaan di Hadapan Allah: Dalam hadits disebutkan bahwa amalan-amalan diangkat kepada Allah pada hari Senin dan Kamis. Dengan berpuasa pada hari tersebut, kita memiliki kesempatan untuk mempersembahkan amalan yang baik di hadapan Allah.

3. Menghapus Kesalahan dan Meninggikan Derajat: Puasa Senin Kamis juga memiliki keutamaan dalam menghapus kesalahan dan dosa-dosa kita. Selain itu, puasa ini juga dapat meninggikan derajat kita di akhirat.

4. Manfaat Kesehatan: Dari segi kesehatan, puasa dapat membantu tubuh kita untuk beristirahat dan melakukan detoksifikasi. Ini bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara umum.

5. Manfaat Dunia dan Akhirat: Puasa Senin Kamis tidak hanya memberikan manfaat spiritual, namun juga manfaat dunia. Puasa dapat membantu kita untuk mengendalikan nafsu dan menjaga keseimbangan antara kebutuhan fisik dan spiritual kita.

Jawaban:

1. Mendapat Gelar Takwa.

Siapa pun yang dengan ikhlas melaksanakan puasa sunnah, termasuk puasa Senin dan Kamis, serta mematuhi semua syarat, rukun, dan ketentuannya, akan diberikan gelar takwa.

Dalam konteks ini, Allah SWT akan menyediakan jalan yang mudah bagi hamba-Nya yang memiliki ketakwaan. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an surat Thalaq ayat 2 dan 4

2. Bau Mulut yang Harum.

Rasulullah SAW menjelaskan,

"Semua amalan manusia adalah untuk dirinya sendiri, kecuali puasa, karena puasa adalah untuk-Ku (Allah), dan Aku-lah yang akan memberikan balasannya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma minyak wangi." (HR Bukhari)

3. Pahala Berlipat.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Demi keberadaan-Nya yang menjaga nyawaku, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada minyak kesturi. Dia menahan nafsu dan menahan diri dari makanan dan minuman karena Aku. Oleh karena itu, puasa adalah hak milik-Ku, dan Aku yang akan memberikan pahalanya. Setiap kebaikan dilipatgandakan hingga tujuh ratus kali, kecuali puasa. Puasa adalah hak milik-Ku, dan Aku yang akan memberikan balasannya." (HR Malik)

4. Memperoleh Dua Kegembiraan.

Orang yang berpuasa akan merasakan dua kebahagiaan yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya, kebahagiaan itu datang pada dua waktu yaitu saat berbuka puasa dan saat berjumpa dengan Allah SWT. Hal ini diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.

5. Surga Rayyan bagi yang Berpuasa.

Allah SWT telah menyiapkan pintu khusus di Surga yang disebut sebagai "Rayyan" bagi mereka yang menjalankan puasa. Nabi Muhammad SAW mengabarkan hal ini dalam hadits,

"Dalam Surga terdapat satu pintu yang disebut sebagai ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat tidak ada seorang pun yang akan masuk Surga melalui pintu tersebut kecuali para orang yang berpuasa. Tidak akan ada seorang pun yang melewati pintu tersebut kecuali mereka. Kemudian dikatakan kepada mereka, 'Di mana orang-orang yang berpuasa?' Maka para orang yang berpuasa akan berdiri menghadap. Tidak akan ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Setelah mereka semua masuk, pintu itu akan ditutup dan tidak akan ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut." (HR Bukhari Muslim)

6. Menjadi Amalan yang Tidak Ada Tandingannya.

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan dari Abu Umamah, dia berkata, "Ya Rasulullah SAW, tunjukkanlah kepada saya suatu amal." Beliau menjawab, 'Jalankanlah puasa, karena tidak ada amal yang sebanding dengannya.'" (HR Nasa'i)

7. Lima Perkara yang Diberikan kepada Umat Nabi Muhammad.

Puasa adalah salah satu dari lima hal yang diberikan kepada umat Muhammad dan tidak diberikan kepada umat sebelumnya. Di antara hal-hal tersebut adalah Allah memerintahkan malaikat-Nya untuk memohon ampun bagi orang yang berpuasa, dan bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada minyak misik.

8. Puasa Menghapus Fitnah.

Puasa termasuk di antara amalan yang mampu menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan, termasuk dosa-dosa kecil. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

9. Zakat bagi Tubuh.

Setiap anggota tubuh memiliki kewajiban zakatnya, dan zakat bagi tubuh adalah puasa. Seperti yang disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah RA, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Setiap sesuatu memiliki zakatnya, dan zakat bagi tubuh adalah berpuasa." Selain itu, dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa merupakan separuh dari kesabaran." (HR Ibnu Majah)

10. Memberikan Syafaat.

Puasa memiliki kekuatan syafaat yang sama seperti Al-Qur'an. Rasulullah SAW. bersabda, "Pada hari kiamat, puasa dan Al-Qur'an akan memberikan syafaat kepada seorang hamba. Puasa akan berkata, 'Wahai Tuhanku, aku telah menahannya dari makanan dan hawa nafsu di siang hari, izinkanlah aku memberikan syafaat kepadanya.'

Sedangkan Al-Qur'an akan berkata, 'Aku telah menahannya dari tidur di malam hari, izinkanlah aku memberikan syafaat kepadanya.' Selanjutnya, Rasulullah melanjutkan, 'Maka keduanya, puasa dan Al-Qur'an, akhirnya memberikan syafaat kepada hamba tersebut." (HR Ahmad)