Contoh tumbuhan yang penyerbukannya di bantu oleh air

Contoh tumbuhan yang penyerbukannya di bantu oleh air

Penjelasan:

Salah satu contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh air adalah tumbuhan teratai (Nelumbo spp.). Tumbuhan teratai memiliki bunga yang besar dan indah yang terapung di atas permukaan air. Penyerbukan pada tumbuhan teratai terjadi ketika serbuk sari (pollen) dari benang sari (stamen) jatuh ke kepala putik (stigma) yang terletak di tengah bunga. Air membantu dalam proses penyerbukan ini dengan membawa serbuk sari dari benang sari ke kepala putik, karena bunga teratai berada di atas air.

Selain tumbuhan teratai, contoh lain dari tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh air adalah tumbuhan ganggang air (misalnya, Spirogyra spp.). Ganggang air memiliki filamen yang terdiri dari sel-sel yang berisi sel kelamin jantan dan betina. Ketika air mengalir, serbuk sari jantan akan terbawa oleh aliran air dan menempel pada sel betina, memungkinkan penyerbukan terjadi.

Kedua contoh ini menunjukkan bagaimana air berperan dalam membantu penyerbukan pada tumbuhan-tumbuhan yang bergantung pada media air untuk proses reproduksi mereka.

tolong jawaban tercerdas kakk....tolong jawaban tercerdas kakk....tolong jawaban tercerdas kakk

Jawaban:

ganggang,hydrilia dan lain lain